Senin, 01 Februari 2010

Tips-tips menyembuhkan mata ikan


Ngomong-ngomong soal penyakit mata ikan/clavus.... pasti banyak yang jengkel, kenapa mata ikan nya tidak kunjung hilang....

Banyak yang mencoba menyembuhkan dengan cara :
  1. Operasi ke dokter, namun justru muncul lagi
  2. Cara sadis, seperti di silet dan sebagainya, yang tidak terjamin steril
  3. Menggunakan bahan-bahan alami/herbal
  4. Menggunakan obat seperti callusol, dan sebagainya

Saya ada pengalaman punya mata ikan di jari telunjuk kaki saya.....sejak tahun lalu (2008). Kapan munculnya saya kurang ingat benar, karena tiba-tiba datang begitu saja. Memang sih tidak sakit, dan ukuran nya tergolong kecil (untunglah) hehehhe.....

Waktu itu saya belum menyadari bahwa itu adalah mata ikan, kemudian saya tanya pembantu ku, katanya sih didiamkan saja, ntar lama-lama juga hilang. Namanya juga manusia, rasa penasaran sering muncul, kenapa sih kok ga hilang. Lama-lama kan saya merasa risih, kok ada yang menonjol di jari kaki saya (telapak kaki). Jadi tidak merasa pe de.

Lalu akhirnya kuputuskan untuk mencoba obat callusol yang kubeli di apotik dekat rumah. Beberapa bulan lamanya memakai (mungkin hampir 4 bulan), namun tidak ada perubahan, paling-paling hanya mengelupas saja kulitnya, namun mata ikan nya tidak hilang-hilang, justru semakin keras saja. Bintik-bintik hitam yang katanya sih akar nya mata ikan, tetap terlihat namun tidak pernah hilang juga. Sempat putus asa juga sih, callusol nya dah hampir habis, tapi kok ya gak hilang-hilang.

Dulu pernah iseng-iseng mo cabut itu mata ikan dengan memakai pemotong kuku, eh tapi malah berdarah, ngeri juga sih, terus gak berani lanjutkan lagi. Mau operasi kecil, tapi katanya belum tentu bisa sembuh total. Manalagi biaya yang dikeluarkan tidak sedikit.

Akhirnya, ak coba deh ke toko obat cina, yang jual obat-obatan herbal cina. Akhirnya disarankan untuk pakai plester cina.

1 Box Plester berisi 6 buah plester (pads) , di tengah-tengah plester terdapat obat berwarna merah, berbentuk bulat dengan diameter 1 centimeter.

Berdasarkan pengalaman, nih saya kasih tips-tips pemakaiannya:
  1. Bersihkan bagian tubuh yang terdapat mata ikan (misal telapak kaki, tangan, dan sebagainya)
  2. Jika Mata ikan yang menempel berukuran kecil, disarankan untuk mengambil obat merah nya secukupnya saja, kemudian dioleskan di atas mata ikan tersebut. Semakin besar mata ikan nya, semakin banyak pula yang harus dioleskan.
  3. Kemudian dengan menggunakan plester rol kain Hansaplast (dapat dibeli di apotik), bagian mata ikan yang telah dioleskan obat itu dibalut dengan plester tersebut.
  4. Diamkan selama 24 jam (seharian).
  5. Agar tetap steril, disarankan kaki/tubuh anda yang terdapat mata ikan nya, jangan sampai terkena air, terutama air kotor/lumpur.
  6. Setelah 24 jam, buka balutan plester tersebut, lalu basuh dengan air bersih.
  7. Kemudian obati lagi mata ikan tersebut (ulangi langkah ke-3), lakukan hal ini berturut-turut selama 3 hari (kurang lebih nya, berdasarkan pengalaman saya)
  8. Setelah 3 hari, saatnya melepas plester terakhir.
  9. Pada hari ke-3, diusahakan anda mandi tanpa melepas plester tersebut, sehingga plester pun menjadi basah dan otomatis kulit kaki anda lebih lembek.
  10. Setelah selesai mandi, diusahakan anda melepas plester tersebut masih di dalam kamar mandi, karena pasti akan timbul pendarahan.
  11. Siapkan batu apung (yang biasa untuk menggosok telapak kaki), usahakan membeli batu apung kualitas yang baik yang tidak terlalu kasar.
  12. Perlahan-lahan anda gosok-gosok permukaan mata ikan yang telah berwarna merah tersebut (akibat obat cina tersebut)
  13. Kulit mata ikan lama-lama akan berubah menjadi putih, gosok lagi perlahan
  14. Jika proses dilakukan dengan halus dan benar, mata ikan akan tercabut hingga sampai ke akar-akarnya, berwarna putih. Jika mata ikan sudah tercabut dan bersih, anda akan melihat daging anda sendiri ! dan tentu saja akan berdarah, jangan khawatir.
  15. Siapkan saja es atau air dingin, untuk menghentikan pendarahan.
  16. Tahap selanjutnya, jangan mengobati bekas lubang mata ikan tersebut dengan obat merah/betadine. Berdasarkan pengalaman ku, saya langsung mengobati luka tersebut dengan Minyak Tawon. Tidak terasa perih.
  17. Untuk menjaga tetap steril, teteskan minyak tawon di kapas yang bersih, kemudian kapas tersebut ditempelkan ke luka, kemudian kapas tersebut dibalut dengan plester rol kain Hansaplast.
  18. Lakukan pengobatan menggunakan minyak tawon setiap 2x sehari, hingga luka menjadi sembuh.
  19. Jika tahap-tahap di atas dilakukan dengan benar, maka permukaan kulit akan menjadi sama rata, tidak kasar dan tidak ada tonjolan. Warna kulit juga menjadi bersih kembali, berwarna coklat kemerah-merahan. Kembali seperti semula ^^
  20. Sabar, telaten dan percaya, adalah kunci sukses dalam proses penyembuhan ^^
  21. Selamat mencoba, good luck!

106 komentar:

  1. wah, saya pernah pake obat ini, tapi ga ada pendarahan tuh..
    kalo saya pengobatannya selama seminggu dan tunggu sampai mata ikannya lepas sendiri, dijamin ga ada pendarahan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bner bsa sembuh ap gak itu mas.,.,

      Hapus
    2. Apakah anda selama seminggu itu di ganti terus atau seminggu nempel terus?

      Hapus
    3. Apakah anda selama seminggu itu di ganti terus atau seminggu nempel terus?

      Hapus
  2. halo salam kenal , boleh tau nama obatnya dan belinya dmn ? posisi saya di jakarta

    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli saja di toko cina pasti ada .. met mencari .. :)

      Hapus
  3. Saya juga gunakan obat ini. manjur.. Nenek yang sudah operasi sembuh setelah pakai obat ini.

    BalasHapus
  4. kenapa mata ikan'y harus digosok pke batu apung ? Ga ada cara lain apa ? Sadis..

    BalasHapus
  5. ribet amat ,jadi kek sponsor2 diTV.
    saya sih pertamanya pke potongan kuku sampe berdarah .trus nyobain callusol,eh sembuh .. ga harus yg kek diatas ,mnurut saya pribadi ,ngobatin mata ikan harus tahan sakit udh itu aja. :) oh iya mata ikan saya ini ga cuma di kaki tapi di jari tangan juga dan berawal dari stu :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya jg punya penyakit mata ikan di jempol kaki, tadi nya sih cuma ada 1, eh sekarang malah ada 5, tiap hari pake callusol tapi belom sembuh2. Kalo boleh tau mas sembuhnya berapa lama ya?

      Hapus
    2. Lah saya kok malah infeksi ? :((

      Hapus
  6. darimana tau akarnya sudah tercabut atau belum?

    BalasHapus
  7. toko obat cinanya yang jual di jakarta dimana yach???

    BalasHapus
  8. waktu SD pernah kena mata ikan di jari tengah kanan, sakitnya pol kalao dibuat ngibas2 aja dah nyeri.

    dikasi plester China khusus untuk mata ikan. seharusnya dibiarkan 3 hari, tapi karena gak sabar 2 hari dah dibuka alhasil mata ikan lepas tapi di dalam masih ada akar (ada kaya duri2 merah banyak di dalam kulit),

    kambuh lagi beberapa hari kemudian, kasih plester lagi sampe 3 hari gak dilepas ama gak kena air.

    hari ketiga dibuka, lepas tuh mata ikan hehehe gk pernah kambuh lagi.
    jadi gak perlu operasi bos asal gak gedhe2 banget mata ikannya, kasih plester china aja

    NB : perasaan prosesnya gak sengeri2 amat kaya tulisan TS hehheeh....

    BalasHapus
  9. Saya sudah 3 hari pakai plester cina ini, ganti setiap 12 jam. Tapi masih sakit & blm ada tanda-tanda akan mengelupas mata ikan nya.
    Saya coba deh plester ga ganti 24 jam ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Se-pengalaman saya sih dipake sampe obat yg ditengah yg warna merahnya abis / mengecil :))

      Hapus
    2. Beli plester nya dimana gan..
      boleh tau donk alamat nya 7D604916 tu pin saya saya nyari2 gk dapet2 tuh plester.

      Hapus
  10. Saya baru mau coba pake Callusol nih,,mudah-mudahan ampuh ya usir mata ikannya...

    BalasHapus
  11. Dulu saya pernah coba,murah bgt 7ribuan tapi gak sampe berdarah2. Malah aman banget ga pake sakit, cuman blepotan aja wrna merahnya kaya lagi pake obat merah. Nah stlh 10 tahun skr baru ada lagi nih mata ikan. Cuman udh cari ke toko2 china dan apotik udh pada ga ada. Ada yang tahu cari dimana ga hansaplast ini, daerah bandung?

    BalasHapus
  12. Sekedar berbagi pengalaman... tidak tahu kpn pastinya tiba2 telapak kaki sy muncul mata ikan. Sakit dipake jalan. Sy obati call#### tidak berhasil. akhirnya sy biarkan aja sampe 4bln kok terus2an sakit dan ukurannya jg makin besat. Akhirnya sy operasi di RS lokal bln des 2014. Dasar dokternya goblok, cuman diiris biasa trus dijahit. Bln feb mata ikan tumbuh lagi. Bekas luka operasi pertama malah dipenuhi mata ikan baru. Sy coba obati sendiri pake plester cina hbs 4 pak gak berhasil. Akhirnya jumat kmrn (10 april 2015) sy putuskan operasi ke rs graha amerta sby. Dioperasi dr eddy herman (pakar bedah). Sakitnya sama seperti operasi pertama. Akhirnya kulit telapak kaki sy dipotong seukuran sendok makan( kulit yg dipotong sy bw pulang) Saat ini msh pemulihan. semoga tuntas dan tidak tumbuh lg n sy dpt kembali bekerja. Amin

    BalasHapus
  13. Saya sedang mengalami mata ikan juga pada saat ini. Teman saya banyak yg menyarankan pakai obat cal****** tapi hanya membuat kulit tipis. Saya coba cabut sendiri akarnya tapi baru 3 yang tercabut sudah gak kuat. Akhirnya saya mencoba gunakan air hangat untuk merendam kaki setiap hari. Saya rutin membersihkan sepatu dan sandal setiap hari dan rajin mencuci dan mengganti kaos kaki. Semoga dengan ini bisa sembuh. saya sedang eksperimen sendiri. Menurut saya kesembuhan itu adalah niat dan keyakinan untuk terus berusaha dan pantang menyerah berdo'a pada yang Maha Kuasa untuk menyembuhkan saya.

    BalasHapus
  14. sya juga sudah 4 bulan lebih kena mata ikan,, bener2 ganggu banget untuk aktifitas,,, pas mau ilang tiba2 muncul lagi,, hampir cara2 yg ada di internet mulai dari bawang putih , lilin , calusol, dll uDAH DICOBA,,, tapi tetep aja masih ada tuh mata ikan,,, parah bgt mana awalnya 1 tempat kini malah merambat ke tangan dan kaki,, :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam, mas saya pakai plester cina ini sampai habis hampir 3 box (isi 6 lembar). Harus disiplin dan sabar.. Saya tempel aja di kaki, kalau wudhu ya diucapkan saja kan g boleh kena air, setiap pagi di ganti plester nya.
      Alhamdulillah sembuh tak berbekas. Kejadian nya sekitar 6 bulan yg lalu dan sampai sekarang mata ikan tidak menyukai kaki saya lagi hehe
      Selamat mencoba dan semoga lekas pulih ya seperti sedia kala.

      Hapus
    2. beli dimana ya mas . .?
      mohon infonya
      085777672737

      Hapus
  15. Ihhh seremm bgt pke berdarah darah gtoo...
    Jd takuttt..

    BalasHapus
  16. Ihhh seremm bgt pke berdarah darah gtoo...
    Jd takuttt..

    BalasHapus
  17. Wah...gawat..opo pakai karbit dicampur air

    BalasHapus
  18. plesternya cina itu harganya brpa 1 box?

    BalasHapus
  19. Minta info nama obat / plester cinanya dong..

    BalasHapus
  20. beli di Apotik Glodok arah Asemka..Obat untuk mata Ikan..

    BalasHapus
  21. Pengalaman sy mata ikan dioperasi kecil sakitnya luar biasa pas disuntik bius lokal telapak kaki. Penyembuhan seminggu lebih susah jalan, pas sembuh gak sampe 4 bulan muncul lagi. Kapan deh operasi, udah 5thn dibiarkan sampe biasa merasa sakit tiap hari kalo jalan. Sekarang mau coba plester cina ternyata udh banyak yg jual online harga 13 rb an 1 pak. Saya mau coba semoga berhasil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo kak.. Mau tanya.. yg jual online plester cina itu kk beli nya dimana yah? makasi infonya :)

      Hapus
  22. Baca tips diatas sama komenan nya bikin penasaran..akhirnya kemaren aku beli plester cina skrg masih ditempel dikaki, kalo bisa si merah nya sampe habis sih selama 3hari, udah 3bulan mata ikan belum hilang juga udh pake callusol ga sembuh2. Mungkin pake plester cina ini mudah2an bisa hilang yaa ;)

    BalasHapus
  23. Ehh mau ngasih tau nih mata ikan ku udah hilang pake plester cina itu.. Awal nya sih ragu jengkel juga karna gaada perubahan sempet rencana mau dioperasi tapi gajadi deh hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Beneran bisa sembuh pakai obat itu? Kok saya malah makin gede yaa-_-

      Hapus
    3. Beneran bisa sembuh pakai obat itu? Kok saya malah makin gede yaa-_-

      Hapus
  24. Just fyi, kalau mau beli plester cina itu namanya SMIC. Sy kemarin beli di seller namanya chintya 085716264468. seller masang iklannya di instagram. Whatsapp aja kalau mau order.

    BalasHapus
  25. Telapak kaki kanan saya juga muncul 2 mata ikan. Sudah diolesi obat khusus mata ikan, tp cuma mengelupaskan kulit luar saja, kemudian mengeras lagi. Setelah baca kisah2 pengobatan mata ikan dgn plester khusus ini, tertarik juga utk dicoba. Sekarang sdh pemakaian hari kedua. Alhamdulillah di jogja msh mudah didapat di toko2 obat cina. Semoga mata ikan dikaki segera lenyap tak berbekas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak.. di jogja sebelah mana ya mau cari plester cina nya ? Makasih infonya

      Hapus
  26. Sebagai salah satu peserta yang juga pernah menderita mata ikan, kayaknya aku juga harus ikut nimbrung nih..hehe..
    Awalnya saya merasa kesakitan ketika berjalan dengan si kampret yg ada di jempol telapak kaki saya, awalnya saya tidak tahu kalau itu mata ikan kukira kapalan biasa saja. Kubiarkan lama2 kok menjadi tambah besar. Lalu saya membeli calusol, dan kucoba 4 hari nggak ada perubahan. Kemudian browsing lagi dan menemukan blog ini, dan saya putuskan membeli plaster obat cina.. karena kerja tiap hari memakai sepatu saya harus mengganti plastrrnya tiap hari karna kesterilan sepatu jg pasti ada bakterinya dan itu menempel di plaster.. 3 hari kemudian mata ikan itu sudah berubah menjadi keras, langsung kubawa ke kolam renang, sejam kemudian berniat ku mengganti plasternya karena air kolam juga pasti kotor, walhasil mata ikannya kecabut sampai akar dan beberapa permukaan kulit yg menebal juga ikut keangkat.. tandanya jika akarnya sudah keangkat adalah disitu muncul darah sedikit yg berasal dr daging kakinya.. semoga bisa terus sembuh.. thanks penulis blog..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkw ini paling lucu comment nya haha bismillah mudah2an sembuh total aku jg kena penyakit mata ikan :(

      Hapus
    2. Hahahaha kampret kecil pengganggu.. saya coba juga ah berenang pakai plaster ini.

      Hapus
  27. Kalo dibandung dimana ya?
    Saya punya mata ikan 5 biji di telapak kaki kiri...ini udah fikuliti sampe berdarah banyak...trus ditetesin gula merah yang mendidih,,sembuh atulaaaah :'(

    BalasHapus
  28. Wkwkwk semua peserta mata ikan bikin saya ngakak padahal sy sendiri menderita :'( info dong yg ada di tegal

    BalasHapus
  29. Yg jual area tegal dmn? Nyiksa bgt jlnya

    BalasHapus
  30. Saya punya mata ikan d telunjuk tangan udah taunan kalo lebaran salam salaman bikin ga PD kulit kasarnya garuk tangan org haha.. Mau nyoba plester cinanya semoga mata ikan minggat.

    BalasHapus
  31. Saya punya mata ikan d telunjuk tangan udah taunan kalo lebaran salam salaman bikin ga PD kulit kasarnya garuk tangan org haha.. Mau nyoba plester cinanya semoga mata ikan minggat.

    BalasHapus
  32. Saya mau sharing juga ne , udah 2 minggu pake callusol sampai nglupas 3x kulit nya tetap sama aja masih ada mata ikan nya.mlh skrg tmbah besar
    Hari ini coba beli plester cina , baru sekali pake semoga sembuh
    Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener perasaan pakek callusol malah mata ikan tambah gede

      Hapus
  33. Saya baru mau muncul ni mata ikannya hiks..sakit..mau cr plester cina nya ditokopedia ada ga ya? Kan "udah cej Tokopedia blum?" wkwkwkwk
    Kita perlu buat grup alumni pengidap mata ikan..hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh beneran ada di Tokopedia..ketik aja plester mata ikan..harganya ada yg jual 11rb-50rb
      Ada yg gbrnya kyk foto diatas ada merk lain..buat yg bingung cr tokonya

      Hapus
  34. Saya juga ada mata ikan masing-masing 1 di kedua telapak kaki sudah pernah menggunakan ca****ol tapi tidak sembuh, sudah di operasi kecil sakitnya luar biasa sembuh beberapa saat namun sekarang timbul lagi dan penebalan kulitnya semakin besae :(

    BalasHapus
  35. Saya bru cobain tuh plasternya.. nemu hasil googlig dapet di Tokope***..

    Harganya murah bgt 12rb saja blum ongkir..

    Saya bru pke 2 hri ntadi saya buka tp blum klupas dan msh keras di area mata ikan nya ...

    Trus sya searching nemu TS ini agak horor juga , kok pake berdarah2 soalnya si penjual g ngash keterangan yg horor begitu juga , alhasil saya baca coment2 satu2, ksimpulanya bisa klupas sndri tunggu lebih lama mungkin yaa..


    Semoga aja bisa sembuh , coz sudah lama.. saya abaikan dan skrg bru terasa nyerinyaa luar biasaa..

    Nanti hasilnya gmna saya update lagi .

    BalasHapus
  36. Salam, kalau menurut saya di cuzzz pakai rokok aja terus.kalau udah gk krasa nyeri langsung di congkel aja pakai gunting n sbgnya. Udah deh sembuh

    BalasHapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  38. Sy pernah kena mata ikan di kaki. Kemudian sy kasih calusol selama 3 hr. Dgn cara di tempel pake kapas kemudian plester.ganti tiap pagi. Hari ke 2 pas plester di lepas, sambil di rendem air hangat. Trus gosok pelan2. Mata ikan tercabut dgn sendirinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya mau tanya, melepas plesternya selalu sambil direndem air hangat atau cuma pas hari ke 2? saya baru aja kena mata ikan, saya udah beli callusol tapi bingung cara pakenya gimana. Oiya, apa mata ikan yang lagi di plester boleh kena air? Dan yang dioles callusol cuma bintik yang di tengahnya aja atau benjolannya juga? maaf saya banyak tanya, saya bener bener bingung dan takut. Tolong di jawab ya... Terimakasih...

      Hapus
    2. Pakai plaster aja yang di atas. Mataikan saya baru lepas tadi. 2 hari di tempelin terus pas di lepas ada kulit yang keras. Di lepas aja pinggiranya pelan2 nanti ke angkat mata ikanya.

      Hapus
    3. terimakasih atas sarannya, tapi saya sudah terlanjur beli callusol dan mau coba pakai ini dulu, cuma saya masih bingung juga sih pakenya gimana

      Hapus
    4. https://www.tokopedia.com/wanitasehatcanti?source=universe&st=product


      itu jual obat mata ikan tinggal pilih

      Hapus
  39. Saya juga pernah kena mata ikan (di telapak kaki kanan) tapi udah agak lama; kenanya sekitar 2015. Tapi kok rasanya agak sedih baca post ini karena benar2 barusan aja tau kalau namanya "mata ikan" �� alhasil saya browse lagi karena penasaran... Tau gitu dari dulu sudah dicari2 infonya dan mungkin plester Cina ini patut dicoba.

    Komentar saya panjang, intinya: sudah coba Ca**usol dan tidak berhasil, akhirnya dioperasi. Sampai sekarang tidak muncul lagi.

    Karena terlalu panjang, komentar saya dapat dilihat di sini: http://pastebin.com/raw/MNy6iRhT

    BalasHapus
  40. Apalah dayaku yg punya mata ikan kaki kiri dan kanan😭

    BalasHapus
  41. Yang make ca**usol udh pada bener blm makenya? didiemin aja? Yagabakal smbuh kan? Kalo kulit udah pada ngelupas mata ikannya digosok2 atau di cabut sndiri. Jgn hanya didiemin aja😂😂

    BalasHapus
  42. Saya ada pelester kayagitu. Baru pakai sekali takut lihat warnanya... jadi belum sembuh 😢😢😢 agak nyeri ya kalau buat jalan

    BalasHapus






  43. https://www.tokopedia.com/wanitasehatcanti?source=universe&st=product

    di sini jual obat mata ikan tinggal pilih

    BalasHapus
  44. Saya salah satu penghidap mata ikan yg mencoba pakai plester cina. Semoga sembuh.
    Sudah 4 bulan saya cuekin tanpa kasi obat, rasanya sangat mengganggu.
    Skrng baru hari ke 3 pemakaian plester cina. Semoga plester cina yg saya beli adalah barang ori gak KW hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama obat cina nya apa bang

      Hapus
    2. assalamualaikum.
      pake minyak habbatussauda aja. insyaallah sembuh.cara nya cukup minyaknya di olesin ke mata ikan nya. cari minyak habbatussauda bisa di online gitu atau di toko herbal. sekian, semoga bermanfaat. wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

      Hapus
  45. Saya sudah memakai hampir 3pcs atau box, kok tidak hilang-hilang ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake calusol aja mas, ampuh saya coba��

      Hapus
    2. Caranya gimana kalo pake calusol?

      Hapus
    3. Caranya gimana kalo pake calusol?

      Hapus
    4. @tompel prasetyo
      Tiap habis mandi, dioleskan. Pas mandi sorenya kulit yg mati berwarna putih~ digosok pake foot file /kalo ngga punya, ya diamplas..kalo didiemin ya ga bakal sembuh

      Nanti lama lama menipis sambil di korekin biar ngelupas kulit matinya,setelah beberapa minggu .udah hilang

      Hapus
  46. Kalo saya sih lbh cocok plester cina nya, kira2 pemakaian 1 minggu + direndam air hangat dan digosok batu apung daat ganti plester (untuk menghaluskan kulit dan mengikis sisa obat dan sel kulit matinya)
    Saat kulit yg memutih (sel kulit mati akibat obat) saya memberanikan diri untuk mengupasnya (cukup pakai kuku karena sudah lunak setelah sy rendam air hangat), alhasil terlihatlah bagian dalam kulit saya berwarna merah (persis seperti kata TS, tp ga ektstrim smpe berdarh2 gitu).
    Walaupun sudah terkelupas, karena saya masih melihat ada bintik putih kecil, maka saya lanjutkan pake plester cina ini lagi untuk benar2 menuntaskan, menurut saya jangka waktu smpai kulit mengelupas akan beda2 untuk tiap orang mengingat besar kecilnya mata ikan dan jenis kulit telapak kaki masing2....
    Sekian infonya semoga bermanfaat....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ka apahkah bekas obatnya kan oren karna gakelihatkan apahkah kaka di bersihkan kan kulitnya menjadi kenyal?

      Hapus
  47. Di tokopedia di shoppe dll bnyak jual plester cina tapi bnyk merk, yg mana yah yg asli dan ampuh. Terima kasih

    BalasHapus
  48. Tau mata ikannya udah ilang dr mana

    BalasHapus
  49. Callusol bekerja dengan mempercepat penggantian kulit, sehingga mata ikan dan kutil akan tercabut dari kulit. Supaya cepat, bisa ditambahkan kapur sirih.

    BalasHapus
  50. Bismillah smga sembuh yah saya udh lama mata ikan udh ada 3 thn kukira kapalan tpi ko ksni makin besar yalloh ngilu itu baca komenan di atas

    BalasHapus
  51. Bismillah smga sembuh yah saya udh lama mata ikan udh ada 3 thn kukira kapalan tpi ko ksni makin besar yalloh ngilu itu baca komenan di atas

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga udah 1th mata ikan didiemin, sekarang lagi pengobatan pake plester cina. udah habis 2 box blm ada perubahan. mudah"an bisa sembuh tanpa operasi 🙏

      Hapus
  52. alhamdulillah berkat alumni2 komen, saya ikutan pake plester cina beli di toko obat (apotik) yg jual cici di itc fatmawati, 13ribu harganya. nempelin hari sabtu malem mau tidur, krn penasaran tiap abis mandi/sblm mandi ngintip2 akhirnya dilepas.. bingung kok ga copot2 kyk cerita diatas.. pas hari rabu iseng ngintip trs kulit jd oren kemerahan, saya cabutin pake gunting kutikula (ga sakit krn udah medok bgt ni area sekitar mata ikannya) trs keliatan deh inti matanya item gitu tinggal cabut bersihin.. ga ada darah sama sekali. habis itu saya kasih nebacetin salep. malemnya agak nutup gt bsknya kering dan lusanya biasa aja tinggal kulit kering.. tau gt lgsg pake obat cina krn paling cepet wlopun nyut2an parah pas baru nempelin plesternya.
    fyi saya pake callusol ga ngaruh apa2 selain jd tipis bgt kulit, trs mau bedah di ugd ga jd krn lg hamil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nempelin plesrer nya berapa hari kak ? tiap hari ganti plester atau gimana ? saya udah 3 hari pake plester blm ada perubahan. masih terasa sakit buat jalan / d tekan ringan. saya pake nya malam mau tidur dibuka lagi pas mau mandi (jm 8 mlm) tiap hari ganti plester

      Hapus
  53. saya lagi proses penyembuhan mata ikan menggunakan plester cina, tapi bagian tengah plester tdk berwarna merah, warnanya putih, sudah 3 hari blm ada perubahan. masih terasa sakit kalo d tekan ringan 😢 butuh waktu berapa lama kira" supaya bisa sembuh ? yg ada pengalaman tolong sharing ya. saya takut operasi 😢

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya jg pakai yg tengahnya bkn merah tp orange, ini sudah hampir 2 mingguan pakai baru mengelupas lunak. Skrg lg proses perendaman air hangat

      Hapus
  54. Alhamdulillah, saya pakai baru 3 hari udah mengelupas (pas ngelupasnya sediain air hangat dikasih garam) padahal mata ikannya bener bener gede banget hampir se kuku jempol. Pkonya cara pake obat china nya harus total 24 jam +ga boleh kena air, klo ganti gpp kena air tapi di keringin dulu kaki /tangan yg mau di kasih obat plester chinanya. Makin lama pemakaian, makin cepat mengelupas. Tapi karena gede ni mata ikan jadi harus pakai lagi hehe. Pkonya beneran bagus obat plester chinanya buat mata ikan.

    BalasHapus
  55. Alhamdulillah 3 hari pakai plester mata ikannya kulitnya mngeluoas, dan ini udah keliatan daging asli nya,tp masih rada sakit . Tp bingung juga dan bertanya2, apakah udah tuntas si mata ikannya, soalnya udah ga ada tuh yang di bilang bintik2 hitamnya .. Saya juga bingung, penampakan akar mata ikan itu kek gimana😁.. Yang jelas ini masih sakit😁

    BalasHapus
  56. Saya udh pakai plester ini, emg benar sih belum sampe seminggu nyerinya hilang dan mata ikan menciut ukurannya. Nah sekarang mata ikan saya jadi hitam dan gatal, itu saya harus korek2 lagi, pakai plesternya lagi, rendam air atau diamkan aja..?

    BalasHapus
  57. Be thankful when you experience pain, it's a sign God really privileges you with little attention.
    Pengobatan Varikokel Dengan Herbal Yang Aman

    BalasHapus
  58. Play casino city of yucatán - Mapyro
    Yucatán Casino 광양 출장샵 in the centre 안산 출장안마 of 광주광역 출장안마 town of Yucatán. A map showing casinos and other gambling 세종특별자치 출장샵 facilities 거제 출장마사지 located in Yucatán.

    BalasHapus